Home » » Belajar dengan Efektif dan Efisien

Belajar dengan Efektif dan Efisien

Written By Nazeeh Masyhudi on Senin, 12 Maret 2012 | Senin, Maret 12, 2012

Belajar Efektif  artinya belajar yang jitu hasilnya; belajar yang tidak sia-sia; belajar yang langsung ada hasilnya. Berbeda dengan belajar yang efisien; cara belajar efisien mengedepankan hemat tenaga, hemat waktu, hemat biaya dan sebagainya. Maka cara belajar yang baik adalah cara belajar yang menggabungkan antara keduanya yakni cara belajar yang efektif dan efisien  ( belajar yang ada hasilnya dan tidak boros sumber daya ).

Pengertian Belajar Efektif & Efisien :

Cara Belajar Efektif & Efisien :
Belajar sering terasa menjemukan. Tapi bila belajar dikelola secara efektif dan efisien, sesungguhnya bisa sangat menyenangkan.


Beberapa langkah belajar efektif dan efisien :

Tinjauan Cepat
Ulangi kembali pelajaran yang Anda dapatkan sesegera mungkin setelah Anda meninggalkan kelas (paling tidak dalam 24 jam terakhir). Bila tidak, mungkin kita akan melupakan 50 persen materi yang kita pelajari sebelumnya, ketika mendapat materi baru di hari berikutnya.
  • Coba ulangi apa yang Anda pelajari dengan mengandalkan ingatan.
  • Mengulang pelajaran yang diterima dengan menggunakan skema dan sebagainya.
  • Integrasikan materi baru yang Anda pelajari dengan semua pengetahuan yang telah Anda pahami sebelumnya.
Tinjauan Menengah
Cara ini sesungguhnya hanya sekadar memindahkan apa yang Anda pelajari secara cepat kedalam memori ingatan Anda untuk jangka waktu yang lebih lama. Karena itu, semua materi yang pernah Anda pelajari, perlu Anda ulang kembali untuk menyegarkan kembali ingatan Anda. Untuk melakukan ini, Anda perlu:
  • Buka kembali semua catatan yang pernah Anda pelajari. Sebaiknya untuk setiap materi pelajaran, bisa Anda ulangi membacanya dua kali seminggu.
  • Baca kembali semua pelajaran yang relevan dan berkaitan dengan ujian terdekat. Cobalah upayakan Anda menambah pelajaran baru dalam kegiatan belajar Anda, setidaknya satu materi baru setiap minggu.
Tinjauan Terakhir
Mulai Lebih Awal (Setidaknya Sepekan Sebelum Anda Menjalani Ujian)
  • Persiapkan semua materi belajar: Buku teks, catatan pelajaran, panduan belajar, bacaan tambahan, catatan rujukan, pekerjaan rumah dan tugas lainnya, soal-soal tes terakhir, contoh/tes praktikum, buku tugas, tambahan pelajaran yang diikuti selama semester berlangsung.
  • Praktekkan apa yang Anda ketahui. Cobalah untuk memprediksi pertanyaan yang kemungkinan akan keluar dalam ujian dan cobalah menjawabnya. Praktekan apa yang mungkin bisa Anda lakukan dalam ujian, seperti menulis outline esay (insya'), persoalan dalam menyelesaikan tugas/tamrinat, dan sebagainya.
  • Jika Anda sadar memiliki kendala waktu pada saat ujian, cobalah menjawab pertanyaan dengan menentukan batasan waktu.
Aturlah waktu tidur, makan, dan belajar secara rutin dan terjadwal. Sebaiknya Anda hindari mengkonsumsi kafein atau jenis zat perangsang lain. Pastikan Anda tidak capek/kelelahan, karena capek/kelelahan fisik, bisa merangsang kelelahan pikiran. dan itu akan membuat Anda tak nyaman selama mengulangi pelajaran atau bahkan mengikuti ujian. -nazeehkita->>disampaikan oleh H. Masyhudi Subari, M.A. dalam Pembekalan Belajar Mengajar
Share this article :

1 komentar:

  1. Kalo saya belajar efektif itu: harus malam hari, harus sambil ngemil maka dari itu saya montok seksi(baca:endut), harus sambil dengerin musik, harus di tempat yang rame. Kalo di tempat tenang ntr saya bukannya belajar malah bobo. Hehehehe

    BalasHapus



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Media Umat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger