Home » » Review; Buku Hilyatu Thâlibi-l-ilmi (حلية طالب العلم)

Review; Buku Hilyatu Thâlibi-l-ilmi (حلية طالب العلم)

Written By Nazeeh Masyhudi on Selasa, 27 Mei 2014 | Selasa, Mei 27, 2014

Nama Buku : Hilyatu Thâlibi-l-ilmi (حلية طالب العلم)
Pengarang : Syaikh Dr Bakr Ibnu Abdillâh Abu Zaid
Percetakan : Dar Ibnu Al Jauziy
Spesifikasi : 1 Jilid (24x17 centimeter, 96 hlm)
Harga : 10 SAR (Saudi Riyal)

Buku Hilyatu Thâlibi-l-ilmi karangan Syaikh Dr Ibnu Abdillâh Abu Zaid –rahimahullâh-, berisi banyak nasehat tentang bagaimana seharusnya seorang penuntut ilmu berperilaku. Di dalam mukaddimahnya, beliau juga menceritakan bahwa sejak dulu terdapat halaqah ilmu di dalam Masjid Nabawi yang para masyaikh pengajarnya mengajarkan tentang isi dari buku Ta’lîmu-l-Muta’allim Tharîqa-l-Ta’allum karya Syaikh Al Zarnûjiy (593 H).

Oleh karena itu, beliau berharap bahwa materi tentang bagaimana seorang penuntut ilmu berperilaku ini terus di ajarkan kepada para murid secara bertahap di setiap mukaddimah pelajaran. Baik di halaqah-halaqah yang terdapat di masjid-masjid maupun di dalam sekolah formal.

Buku Hilyatu Thâlibi-l-ilmi terdiri dari tuju bab utama. Bab pertama berjudul “Âdâbu-l-Thâlib fi nafsihi” menjelaskan beberapa sifat yang berkenaan dengan penuntut ilmu. Bahwa seorang penuntut ilmu harus mengerti apa hakikat dari ilmu bahwa ilmu itu adalah ibadah. Dan oleh karena ilmu (menuntut ilmu) adalah ibadah, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh penuntutnya. Dan demikian beliau menjelaskan hingga akhir bab. Dan di dalam bab ketuju yang berjudul “Al Mahâdzîr (المحاذير)” berisi tentang beberapahal yang sebaiknya dijauhi oleh para penuntut ilmu.

Sang penulis menuturkan setiap kalimatnya dengan sangat indah. Beberpa ungkapan mungkin kurang dapat dipahami karena tingkat bahasa arab beliau sangat tinggi lagi mendalam. Hingga Syaikh Muhammad ibnu Shâlih al Utsaimin mengarang sebuah buku (Syarh Hilyati Thâlibi-l-ilmi) yang menjelaskan isi dari buku ini. 

Buku ini dicetak oleh Percetakan Dâr ibnu Al Jauziy. Memiliki 96 halaman dengan panjang dan lebar 24x17 centimeter membuatnya sangat mudah dibawa dan ringan.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Media Umat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger