Home » » Hukum Islam Dalam Peringatan Maulid Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam

Hukum Islam Dalam Peringatan Maulid Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam

Written By Nazeeh Masyhudi on Senin, 20 Februari 2012 | Senin, Februari 20, 2012

Sebagaimana  kita  ketahui  bahwa  segala  kebaikan  didapat  dengan  mengikuti  petunjuk  Nabi
shallallahu  ‘alaihi  wasallam    dan  tiga  generasi  terbaik  (Shahabat,  tabi’in  dan  Tabi’ut  Tabi’in)
dan   barangsiapa   yang   mendekatkan   diri   kepada   Allah   subhanahu   wa   ta’ala  dengan   cara
beribadah  yang  belum  pernah  dilakukan  pada  masa  yang  terbaik  tersebut  maka  ibadahnya
tertolak,    ia    menanggung    dosanya    meskipun    dilakukan    dengan    penuh    keikhlasan    dan
kesungguhan.  Dan  peringatan  Maulid  Nabi  shallallahu  ‘alaihi wasallam  sebagaimana  engkau
ketahui wahai saudaraku:


1.    Belum   pernah   dilaksanakan   oleh   Rasulullah  shallallahu  ‘alaihi  wasallam, tidak  juga  Khulafa Ar-Rasyidin dan selain mereka dari para shahabat serta para Tabi’in yang mengikuti    para    shahabat    dengan    kebaikan   yang   merupakan   generasi   terbaik,   dan mereka adalah orang-orang yang paling mengerti tentang As-Sunnah dan paling sempurna cintanya  kepada Rasulullah  shallallahu  ‘alaihi  wasallam   dan  paling  depan dalam   mengikuti syariatnya, seandainya peringatan maulid itu baik niscaya mereka akan mendahului kita untuk memperingatinya.



2.    Sebagaimana    engkau    ketahui    yang    pertama-tama    melaksanakannya    orang-orang
Zindiq masa pemerintahan Fathimiyyah di abad ke-empat hijriyyah.


3.    Menyerupai    orang-orang    Nashrani    yang    memperingati    kelahiran    Al-Masih    ‘Alaihis
Salam,   padahal   kita   telah   dilarang   untuk   menyerupai   mereka   dan   meniru   mereka
dalam hari raya mereka.

4.    Sesungguhnya   merayakan   Maulid   Nabi   dan   yang   semisalnya   dapat   dipahami   bahwa
Allah    subhanahu    wa    ta’ala    belum    menyempurnakan    dien    kepada    umat    ini,    dan
Rasulullah   shallallahu   ‘alaihi   wasallam   belum   menyampaikan   apa   yang   seharusnya
dilakukan   oleh   umat,   dan   generasi   yang   utama-belum  sampai  kepada  pengagungan
terhadap    Rasulullah    shallallahu    ‘alaihi    wasallam    dalam    mencintainya,    dan
memuliakannya   dengan   sebenar-benarnya,   berbeda   dengan   orang-orang  belakangan
ini.   Pasti   tidak   ada   yang   mengatakan   atau   meyakini   yang   demikian   kecuali   orang
Zindiq  yang  keluar  dari  dien  Allah  subhanahu  wa  ta’ala.  Rasulullah shallallahu  ‘alaihi
wasallam    bersabda:    “Tidaklah   Allah   membangkitkan   suatu   nabi   kecuali   pasti   atasnya
untuk    menunjukkan    umatnya    tentang    kebaikan    apa    yang    beliau    ketahui    kepada
mereka.”  (H.S.R.  Muslim).   Dan  Nabi  kita    shallallahu  ‘alaihi  wasallam   adalah  seutama-
utama  dan  sesempurna-sempurna  serta  penutup  para  nabi,  jika  perayaan  Maulid  Nabi
merupakan   bagian   dari   dien   niscaya   Rasulullah    shallallahu   ‘alaihi   wasallam   akan
menjelaskannya    kepada    umat    atau    melakukannya    semasa    hidupnya    atau    para
shahabat   radliyallahu    'anhu    akan    melakukannya.    Tidak    ada    seorangpun    yang
mengatakan    bahwa    Rasulullah    shallallahu    ‘alaihi    wasallam    tidak    melakukannya
karena   kerendahan   hati   beliau,   ini   menghujat   beliau   shallallahu   ‘alaihi   wasallam
karena  konsekuensinya  bahwa  beliau  telah  mengurangi  dan  menyembunyikan  sesuatu
dari   kebaikan,   hal   ini   mustahil   terjadi   pada   diri   beliau,   juga   berarti   menghujat   para
shahabat    radliyallahu   'anhum   yang   telah   Allah   subhanahu   wa   ta’ala   puji,   karena
konsekuensinya    bahwa    mereka    mengurangi    suatu    amalan    yang    penuh    berkah,
berbeda  dengan  orang  sekarang  yang  lebih  pintar  dari  mereka.  Hudzaifah  ibnul  Yaman
radliyallahu    'anhu    berkata:   “Setiap   ibadah   yang   belum   pernah   dilakukan   oleh   para
shahabat    Rasulullah    shallallahu    ‘alaihi    wasallam    maka    janganlah    kalian    kerjakan,
sesungguhnya    generasi    awal    tidak    me ninggalkan    bagi    generasi    yang    akhir
perkataanpun,   maka   bertakwalah   kepada   Allah   wahai   para   qurraa’   dan   ambillah   jalan
orang-orang sebelum kamu.”


5.    Memeriahkan   malam   maulid   bukan   merupakan   bukti   kecintaan   kepada   Rasulullah
shallallahu   ‘alaihi   wasallam,   berapa   banyak   yang   engkau   lihat   dan   dengar   tentang
orang  yang  memeriahkan  malam  perayaan  tersebut,  mereka  adalah  sejauh-jauh  orang
dari    petunjuk    Nabi    shallallahu    ‘alaihi    wasallam,   kebanyakan    dari    mereka    adalah



orang-orang    fasiq    dan    sering    berbuat    dosa    seperti    bermuamalah    dengan    riba,
mengentengkan   sholat,   menyia-nyiakan   sunnah-sunnah  yang  zhahir  dan  yang  batin
dan   segala   perbuatan   keji   dan   yang   membinasakan.   Bukti   kecintaan   yang   benar
kepada  sayyidina,  habibina  Muhammad shallallahu  ‘alaihi  wasallam  sebagaimana  yang
diinginkan    Allah    subhanahu    wa    ta’ala    sebagaimana    firman -Nya:    “Katakanlah,    jika
kamu    (benar-benar)    mencintai    Allah,    ikutilah    aku    (Rasulullah    shallallahu    ‘alaihi
wasallam),   niscaya   Allah   mengasihi   dan   mengampuni   dosa-dosamu    …”   (Q.S.   Ali   Imran
31).
Rasulullah    shallallahu    ‘alaihi    wasallam    juga   telah   bersabda:   “Semua   umatku   masuk
jannah    (surga)    kecuali    yang    enggan”    Mereka    (para    shahabat    radliyallahu    'anhum)
berkata:    “Siapa    wahai    rasulullah    yang    enggan?”    Beliau    shallallahu    ‘alaihi    wasallam
menjawab:    “Barangsiapa    yang    taat    kepadaku    maka    ia    masuk    jannah    (surga)    dan
barangsiapa  yang  bermaksiat  kepadaku  maka  dia  telah  enggan.”  (H.S.R.  Bukhari).   Maka
kecintaan   yang   benar   kepada   beliau   shallallahu   ‘alaihi   wasallam    adalah   dengan
mengikutinya  dan  berpegang  teguh  dengan  petunjuknya  baik  secara  zhahir  maupun
batin,  dan  berjalan  di  atas  jalannya  dan  mencontoh  beliau  shallallahu  ‘alaihi  wasallam
dalam   penampilan,   perkataan,   dan   perbuatannya,   dalam   ciri-cirinya  dan  akhlaknya,
sebagaimana  telah  dikatakan:  “Apabila  cintamu   benar  niscaya  engkau  taat  kepadanya.
Sesungguhnya orang yang cinta taat kepada yang dicintai.”


6.    Selain  itu  kebanyakan  dari  ulama  masa  sekarang  menyebutkan  kerusakan-kerusakan
yang  besar  dan  kemungkaran-kemungkaran  yang  terjadi  pada  perayaan  Maulid  Nabi
shallallahu  ‘alaihi  wasallam  dan  perayaan  lainnya,  bahkan  orang-orang yang ikut serta
di   dalamnya   dan   menghadirinya   kemudian   Allah  subhanahu  wa  ta’ala  beri  petunjuk
dia    sehingga    menjauhi    dan    meninggalkannya    mengakui    akan    segi    negatif    dari
perayaan-perayaan   bid’ah  ini.  Diantaranya  adalah  ucapan-ucapan  syirik  dan  berlebih-
lebihan   dalam   memuji   Rasulullah   shallallahu   ‘alaihi   wasallam   dalam   bentuk   syair-
syair   meminta   pertolongan   dan   bantuan   dari   beliau,   dan   keyakinan   bahwa   beliau
mengetahui   hal   yang   ghaib,   sebagaimana   terdapat   dalam   qasidah   Al-Bushairi  yang
dijadikan  dasar  dari  malam-malam  itu:  “Wahai  semulia-mulia  makhluk,  tidak  ada  yang
dapat    saya    mintai    pertolongannya    kecuali    engkau    pada    saat    menghadapi    segala
musibah.  Sesungguhnya  kedermawananmu  meliputi  dunia  dan  seisinya.  Dan  ilmumu
meliputi ilmu Lauh (Mahfuzh) dan Al-Qalam.”
Kemungkaran    yang    lainnya    adalah    campur    baurnya    laki-laki    dan    wanita,
menggunakan  musik,  minuman  keras,  memandang  (wanita  yang  bukan  mahram  dan)
anak  muda  yang  belum  tumbuh  jenggot,  mengkultuskan  para  wali,  dan  masih  banyak
kemungkaran  lainnya  tidak  terhitung  dan  sukar  untuk  dibatasi  dikarenakan  adanya
perbedaan   antara   negeri   yang   satu   dengan   negeri   yang   lain,   bahkan   sebagian   dari
mereka  lebih  mengutamakan  malam  itu  dari  malam  Lailatul  Qadar,  sehingga  mereka
giat  serta  bersungguh-sungguh  beramal  pada  malam  tersebut  tidak  seperti  amalan  dia pada  malam  Lailatul  Qadar,  juga  sebagian  diantara  mereka  yang  mengkafirkan  orang-
orang yang tidak ikut perayaan Maulid Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.


7.    Hari   dimana   Rasulullah    shallallahu   ‘alaihi   wasallam   dilahirkan   pada   hari   itu   juga
beliau  shallallahu  ‘alaihi  wasallam  wafat  yaitu  hari  yang  ke  duabelas  dari  bulan  Rabiul
Awwal  sebagaimana  terdapat  dalam  kitab-kitab  sirah,  bukankah  sedih  pada  waktu  itu
lebih  utama  dari  bergembira,  maka  secara  akal  mestinya  menjadikan  hari  itu  sebagai
hari   berkabung   lebih   pantas   daripada   sebagai   hari   raya   (nyatanya   dalam   dien   tidak
ada hari berkabung, karena memang dien bukan dengan akal).



Diterjemahkan oleh: Fariq Qasim Anuz dari buletin berjudul Hal Nahtafil 
Terbitan JEDDAH DA’WAH CENTER  Jeddah - Saudi Arabia.

JEDDAH DA’WAH CENTER (JDC)
P.O. BOX 6897 Jeddah 21452 KSA
Telp. 6829898
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Media Umat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger