Home » » Syubhat Maulid Nabi dan Bantahannya

Syubhat Maulid Nabi dan Bantahannya

Written By Nazeeh Masyhudi on Rabu, 22 Februari 2012 | Rabu, Februari 22, 2012

Orang-orang  yang  merayakan  maulid  mempunyai  alasan-alasan  dan  dalil-dalil,  yang  paling
menonjol adalah:
1.   Firman   Allah               subhanahu   wa   ta’ala:   “Katakanlah,   dengan   karunia   Allah   dan   rahmat-
Nya,    hendaklah  dengan  itu    mereka   bergembira.  Karunia   Allah   dan    rahmat-Nya   itu
adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.”(Q.S. Yunus 58).
Allah  subhanahu  wa  ta’ala   memerintahkan  kita  untuk  bergembira  dengan  rahmat,  dan
Nabi     shallallahu     ‘alaihi     wasallam     adalah   sebesar-besar   rahmat,   karena   Allah
subhanahu   wa   ta’ala   telah   berfirman:   “Dan  tiadalah  Kami  mengutus  kamu,  melainkan
untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.” (Q.S. Al-Anbiyaa’ 107)

Jawabannya:
Pengambilan  dalil  dengan  ayat  ini  yang  mereka  kemukakan  tidak  pada  tempatnya,  dan
penggunaan  ayat  yang  tidak  pada  maksudnya,  dan  mereka  menetapkan  apa  yang  tidak
ditetapkan   oleh    Rasulullah   shallallahu   ‘alaihi    wasallam,   orang   yang   paling   tahu
tentang   Al-Qur’an   dan   yang   paling   paham   tentang   sesuatu   yang   dikehendaki   Allah
subhanahu  wa   ta’ala   dari   nash-nash   Al-Qur’an,   pemahaman   mereka   menyimpang
kaidah-kaidah   syariah   yang   dipahami   oleh   As-Salaf   Ash-Shalih   dan   seutama-utama
generasi   dalam   memahami   arti   dan   pengambilan   istinbat   dari   Al-Qur’an,  dan  Ibnu
Qayyim    Al-Jauziyyah   rahimahullah   menyebutkan   perkataan   ulama    salaf    tentang
makna   dari   ayat   ini   bahwa   fadhlullah   (karunia   Allah)   adalah   Al-Qur’an  sedangkan
rahmat-Nya yang dimaksud adalah As-Sunnah.

2.   Terdapat   dalam   Shahih   Bukhari   dan   Shahih   Muslim   bahwa   Nabi  shallallahu  ‘alaihi
wasallam  ketika  sampai  di  Madinah  beliau   shallallahu  ‘alaihi  wasallam  mendapatkan
orang-orang   Yahudi   melakukan   puasa   Asy-Syura,  maka   beliau   shallallahu   ‘alaihi
wasallam   bertanya   kepada   mereka,   mereka   menjawab:   “Dia   itu   hari   di   mana   Allah
menenggelamkan   Fir’aun   dan   menyelamatkan   Musa   maka   kami   puasa   sebagai   rasa
syukur   kepada   Allah  subhanahu  wa  ta’ala,                                                                                                                      maka  beliau   shallallahu  ‘alaihi  wasallam
bersabda:  “Saya  lebih  berhak  dari  kalian  terhadap  Musa  as  “.  Maka  beliau   shallallahu
‘alaihi  wasallam  berpuasa  padanya  (pada  hari  Asy-Syura  yaitu  hari  yang  ke  sepuluh  di
bulan   Muharram)  dan  memerintahkan  untuk  puasa  padanya.  Mereka  berkata  nikmat
yang   mana   lebih   besar   dari   nikmat   keluarnya   Nabi   rahmah   ke   dunia   ini   pada   hari
tersebut,  dan  dengan  demikian  sebagai  rasa  syukur  kepada  Allah  subhanahu  wa  ta’ala
atas nikmat ini kita harus merayakannya.

Jawabannya:





Pengambilan  dalil  dengan  hadits  puasa  hari  Asy -Syura  adalah  pengambilan  dalil  yang
batil   dan   qiyas   yang   rusak   dikarenakan   kita   bersyukur   kepada   Allah  subhanahu  wa
ta’ala   atas   nikmat   diutusnya   Nabi   ini   bukan   atas   kelahirannya,   saya   tambah  lagi
bahwa   puasa   hari   Asy-Syura  disyariatkan  dan    disukai   berdasarkan   sunnah   Nabi
shallallahu   ‘alaihi    wasallam,   dan   beliau   tidak   mensyariatkan   kepada   kita   untuk
merayakan hari kelahirannya.

3.   Apa  yang  dikeluarkan  oleh  Imam  Baihaqi  dari  Anas  ra  bahwa  Nabi  shallallahu  ‘alaihi
wasallam   meng-aqiqahi   dirinya   setelah   kenabian,   padahal   kakeknya   Abdul   Muthalib
telah  meng-aqiqahi  beliau   shallallahu  ‘alaihi  wasallam   pada  hari  ke  tujuh  setelah  hari
kelahirannya,  maka  dapat  diambil  kesimpulan  pengulangan  yang  dilakukan  oleh  Nabi
shallallahu   ‘alaihi   wasallam   adalah   sebagai   rasa   syukur   kepada   Allah  subhanahu  wa
ta’ala  atas  lahirnya  beliau  shallallahu  ‘alaihi  wasallam   sebagai  rahmat  kepada  seluruh
alam   dan   perbuatan   beliau   shallallahu   ‘alaihi   wasallam   tersebut   sekaligus  sebagai
syariat    kepada    umatnya    untuk    mencontoh    beliau   shallallahu    ‘alaihi    wasallam
sesudahnya.

Jawabannya:
Imam   Malik   rahimahullah   menjadikan   hadits   ini   salah   satu   dari   hadits-hadits  yang
batil    sebagaimana   dinukil   oleh    Ibnu    Rusyd   dalam    bab   Aqiqah    dari    kitab    “Al-
Muqaddimaat   Al-Mumahhadaat”,   dan   hadits   ini   telah   dilemahkan   oleh   para   ulama
seperti  Abdur  Razaq  dan  Abu  Daud  dari  Imam  Ahmad  dan  Ibnu  Hibban  dan  Al-Bazzar
rahimahullah  dikarenakan  lemahnya  salah  seorang  rawi  yang  bernama  Abdullah  bin
Al-Muhawwar, seumpama hadits ini shahih tetap tidak bisa dijadikan sebagai hujjah.

4.     Urwah   meriwayatkan   bahwa   ia   berkata   tentang   Tsuwaibah   bekas   budak   Abu   Lahab
yang  dimerdekakan  olah  tuannya  karena  gembira  dengan  kelahiran  Nabi   shallallahu
‘alaihi  wasallam  kemudian  ia  menyusui  Nabi  shallallahu  ‘alaihi  wasallam,  bahwasanya
beliau   bermimpi   setelah   matinya   Abu   Lahab   bahwa   ia   di   neraka,   ketika   ditanya
tentang  keadaannya  beliau  menjawab  ia  di  neraka  tetapi  diringankan  adzabnya  setiap
hari  Senin  karena  ia  telah  memerdekakan  Tsuwaibah  karena  gembira  akan  kelahiran
Nabi   Muhammad   shallallahu   ‘alaihi   wasallam.   Mereka   berkata:   “Sikapnya   terhadap
Rasulullah   shallallahu   ‘alaihi    wasallam    dilakukan   oleh   Abu   Lahab   seorang   kafir
penduduk  neraka,   maka   lebih   pantas    lagi   dilakukan   oleh   seorang   muslim   yang
bertauhid  yang  gembira  akan  kelahiran  beliau  shallallahu  ‘alaihi  wasallam  dan berbuat
semaksimal mungkin sesuai dengan kesanggupannya.

Jawabannya:





Hadits    ini    mursal    (salah    satu    istilah    untuk    hadits    yang    lemah)    sebagaimana
diriwayatkan   oleh   Bukhari   dan   disebutkan   oleh   Al-Hafizh   Ibnu   Hajar   Al-Asqalani
dalam  kitab  Fathul  Bari,  begitu  pula  mimpi  dalam  tidur  tidak  bisa  dijadikan  hujjah,
dan  ini  bertentangan  dengan  Al-Qur’an  yang  menyebutkan  dalam  ayat-ayatnya bahwa
amal  shalih  yang  dilakukan   oleh  seorang  kafir  tidak  dapat  memberi  manfaat  di  hari
akhirat.   Firman   Allah    subhanahu  wa    ta’ala:  “Dan   Kami   hadapi   segala  amal   yang
mereka   kerjakan,   lalu   Kami   jadikan   amalitu   (bagaikan)   debu   yang   beterbangan.”   (Q.S.
Al-Furqan 23)

5.   Mereka  berkata  bahwasanya perayaan  maulid  apabila  tidak  dikhususkan  pada  tanggal
dua   belas   Rabiul   Awwal   atau   dilaksanakan   di   luar   bulan   Rabiul   Awwal   atau   tidak
dikhususkan pada waktu-waktu tertentu maka boleh-boleh saja.

Jawabannya:
Ini   pengakuan   yang   batil   dan   ucapan   yang   tertolak   karena   ibadah   dan   syariat   itu
adalah  tauqifiyyah  (harus  berdasarkan  nash  baik  dari  Al-Qur’an  ataupun  As-Sunnah),
tidak  boleh  kita  beribadah  dengan  tata  cara  tertentu  yang  tidak  terdapat  dalam  syariat
meskipun   dalam   bentuk   dzikrullah,   atau   membaca   sirah   Nabi   shallallahu   ‘alaihi
wasallam,  kenyatannya  juga  membuktikan  bahwa  perayaan  maulid  banyak  dilakukan
pada bulan Rabiul Awwal.

6.   Sesungguhnya   maulid    itu    pertemuan    untuk    berdzikir,   shadaqah,    memuji    dan
mengagungkan   Nabi   shallallahu   ‘alaihi   wasallam ,   dan   perkara-perkara   ini   dituntut
oleh   syariat   dan   perbuatan   yang   terpuji,   banyak   keterangan-keterangan   yang   shahih
menganjurkan hal -hal tersebut.

Jawabannya:
Benar,  banyak  hadits-hadits  yang  shahih  menganjurkan  untuk  berdzikir  kepada  Allah
subhanahu    wa     ta’ala,    shadaqah,    dan     yang     lainnya.    Tetapi     tidak     ada     satu
keteranganpun  yang  menganjurkan  untuk  berkumpul  secara  khusus,  dengan  bentuk
dan  waktu  yang  khusus  pula,  begitu  pula  dzikir-dzikir  dan  do’a-do’a  yang  biasa  dibaca
pada   malam   tersebut   tidak   ada   asalnya   dalam   syariat   dan   tidak   ada   dalilnya   dari
wahyu,  dan  bait-bait  syair  yang  dibacakan  berisikan  hal -hal  yang  berlebih-lebihan  dan
kebatilan di dalamnya.

7.   Terdapat   dalam   hadits   yang   diriwayatkan   oleh    Muslim   dalam   Shahih-nya   bahwa
seorang  laki-laki  bertanya  kepada   Nabi  shallallahu  ‘alaihi  wasallam  tentang  puasa  hari
Senin,   maka   beliau   menjawab   kepadanya:   Dia  itu  hari  di  mana  saya  lahir  dan  pada
hari   itu   pula   wahyu   diturunkan   kepada   saya.  Nabi  shallallahu  ‘alaihi  wasallam                                                                                                                                                                                                   telah





mengagungkan  hari  Senin  dikarenakan  hari  kelahirannya,  kemudian  mereka  memilih
hari      kelahirannya      yaitu      pada      tanggal      dua      belas      Rabiul      Awwal      dengan
mengagungkannya dan merayakannya.

Jawabannya:
Yang  diminta  pada  hari  Senin  setiap  seminggu  sekali  adalah  puasanya,  tidak  lebih  dari
itu,  maka  mengikuti  Nabi  shallallahu  ‘alaihi  wasallam   dengan  berpuasa  di  hari  Senin
saja,   tidak   terikat   dengan   tanggal   tertentu,   sedangkan   mereka   mengkhususkannya
satu  hari  dalam  setahun  pada  bulan  Rabiul  Awwal,  ditambah  lagi  bahwa  mereka  tidak
mengagungkan   wasiat   Nabi   shallallahu   ‘alaihi   wasallam   untuk  berpuasa  pada  setiap
hari   Senin   yang   mempunyai   banyak   keutamaan,   tetapi   mereka   mengagungkannya
dengan   makan   dan   minum   dan   menabuh   rebana,   ini   sekurang-kurangnya,  padahal
sebagaimana   telah   diketahui   olehmu   bahwa   ibadah   itu   adalah   tauqifiyyah   sehingga
mengkhususkan   hari   tertentu   untuk   beribadah   dan   bertaqarrub   (mendekatkan   diri
pada   Allah   subhanahu   wa   ta’ala)   secara   tertentu   pula   membutuhkan   kepada   dalil
syar’i  dan  nyatanya  tidak  ada  dalilnya  atas  perbuatan  bid’ah  tersebut. Dan jangan lupa
pula  sebagaimana  telah  kami  sebutkan  bahwa  pada  tanggal  dua  belas  Rabiul  Awwal
adalah   hari   wafatnya   Nabi   shallallahu  ‘alaihi  wasallam dan   terputusnya   wahyu   dari
langit  ini  yang  masyhur  dari  ulama  Salaf.  Maka  katakanlah  kepadaku  demi  Rabbmu
apakah   engkau   merayakan   wafatnya   Nabi    shallallahu    ‘alaihi    wasallam   atau   hari
kelahirannya? Apakah mungkin menyatukan antara keduanya?


Penutup
Sesungguhnya   saya   yakin   bahwa   imanmu,   ketaqwaanmu,   ketaatanmu   kepada   kekasihmu
Muhammad    shallallahu    ‘alaihi    wasallam,    penguatanmu  terhadap   syariatnya   atas    hawa
nafsumu   dan    pendapatmu  serta    pendapat   manusia,   saya   yakin   bahwa   hal    itu   semua
mengatakan kepadamu :
"Janganlah   kamu merayakan Maulid"

Semoga   Allah   memberi   shalawat   dan   salam   kepada   Nabi   kita   dan   keluarganya   serta   para
shahabatnya sekalian.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Media Umat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger